Rabu, 30 Desember 2009

Rabu, 30/12/2009

Saya mau pindah. Saya tidak suka pindah karena repot. Tapi saya harus pindah karena akhir bulan ini kos saya sudah habis. Saya harus membongkar kamar dan memilih mana barang-barang yang layak dibawa pulang ke Medan dan mana yang harus ditinggalkan. Dari sekian banyak barang-barang tersebut yang paling merepotkan adalah buku bacaan karena memakan tempat dan sangat berat kalu harus dibawa-bawa. Setelah melakukan penyortiran secara instan dan kasar, saya memisahkan bahan-bahan bacaan ini kedalam dua kelompok, yaitu kelompok dibuang atau dilungsur, dan kelompok dikirim ke Medan lewat paket.

Kelompok dibuang atau dilungsur adalah semua buku-buku yang membosankan, majalah, koran, dan bahan-bahan kuliah termasuk; fotokopian buku literatur, fotokopian dari dosen baik berbentuk makalah atau masalah, paper-paper kuliah, dan buku catatan yang hampir tidak pernah dipakai. Ketetapan ini bersifat definitif.

Kelompok kedua yaitu dikirim lewat paket adalah buku-buku yang menurut saya layak untuk dibaca ulang, atau baru sebagian dibaca, atau belum pernah dibaca. Termasuk dalam kelompok ini ada 27 buku. Ke-27 buku ini adalah (dalam urutan acak):
  1. Akuntansi Biaya. Dipakai di semester 7, dibaca hanya menjelang ujian. Tapi saya rasa suatu saat berguna dalam pekerjaan saya.
  2. The Secret. Buku yang digembar-gemborkan Oprah, isinya mengenai hukuman tarik menarik antara pikiran dan hal di sekeliling kita. Doesn't work with me.
  3. The Famished Road. Beli di Pameran Buku Jakarta, fiksi tentang dunia roh, belum pernah dibaca.
  4. Breakfast at Tiffany's. Fiksi tentang kisah hidup Holly Golightly, sudah pernah difilmkan waktu ibu saya masih perawan, dan sangat terkenal. Filmnya, bukan ibu saya.
  5. The Starbucks Experience. Salah satu tugas kuliah untuk membuat resume buku apa saja mengenai strategi manajemen suatu perusahaan. Saya akan terlihat keren berada di atas TransJakarta sambil memegang buku ini, orang-orang akan berpikir "Dia pasti sering ngopi di Starbucks. Mungkin eksekutif muda yang kantornya di Sudirman -Thamrin atau Kuningan. Keren banget, aku mau jadi pacarnya "
  6. Macroeconomics. Referensi skripsi.
  7. My Name is Red (I'm a super boring book). Karangan Orhan Pamuk. Baru selesai dibaca setelah dua bulan lebih, itu pun bacanya lompat-lompat. Halamannya, bukan saya.
  8. Akuntansi Keuangan Menengah. Alasannya hampir sama dengan nomer satu. Juga bisa dijadikan bantal, kalau mau.
  9. Akuntansi Internasional. Beli di Pameran Buku Jakarta. Belum pernah dibaca.
  10. Al-Quran dan Terjemahannya. Bukti kalau agama saya Islam, selain KTP.
  11. Bumi Manusia. Bagian pertama dari Tetralogi Buru buah karya Pramoedya Ananta Toer. Fiksi tentang Nyai Ontosoroh dan Minke yang hidup di awal abad 20, masa penjajahan Belanda. Salah satu buku favorit saya.
  12. 7 Kebiasaan Remaja yang Sangat Efektif. Kenyataannya saya sudah tidak remaja lagi dan tidak efektif.
  13. 5 cm. Buku sejuta umat. Bahkan yang tidak hobi baca juga membeli buku ini jadi ketika ditanya temannya, "Udah baca 5cm, bro?", dia bisa jawab "Gila man, ceritanya keren. Karakter Genta itu gw banget!".
  14. Tip Membuat Foto Indah dan Menarik. Bermanfaat untuk yang suka foto-foto. Ralat, bermanfaat untuk yang suka memotret. Tentang pengetahuan dasar fotografi secara umum.
  15. Honeymoon with My Brother. Hadiah dari teman. Seorang pria ditinggalkan mempelai wanitanya sesaat sebelum upacara perkawinan. Dia patah hati dan memutuskan untuk keliling dunia bersama adiknya.
  16. La Tahzan. Jangan bersedih. Lumayan bagus, tapi jarang saya baca. Intinya, kita tidak boleh bersedih karena semua sudah diatur yang di Atas.
  17. The Power of Public Speaking. Berisi tips-tips untuk berbicara di depan umum. Saya beli karena kuliah harus sering melakukan presentasi di depan kelas. Sayangnya tidak manjur pada diri saya.
  18. Ekonomi Keuangan dan Kebijakan Moneter. Referensi skripsi.
  19. Analisis Investasi. Referensi skripsi.
  20. Manajemen Strategis. Alasannya hampir sama dengan nomer satu. Juga bisa dijadikan bantal, tapi terlalu tebal untuk dijadikan pengganjal meja.
  21. Lolita. Tentang seorang penderita pedofilia, profesor Humbert-Humbert, yang jatuh cinta kepada gadis kecil bernama Lolita. Belum selesai dibaca.
  22. Al Quran. Bukti kalau saya Islam. Dewasa ini kita butuh banyak pembuktian, kalau tidak akibatnya fatal. Lihat George Aditjondro versus SBY.
  23. Oliver Twist. Novel klasik karya Charles Dickens. Tentang Oliver Twist. Bukan Olga Syahputra.
  24. Moby Dick. Novel klasik karya Herman Melville, tentang perburuan ikan paus. Baru beberapa halaman awal yang sempat saya baca.
  25. The Air Asia Story. Beli di Pesta Buku Jakarta. Tentang duka penumpang Air Asia yang pesawatnya sering terlambat berjam-jam. Tapi kalau penumpangnya yang terlambat ,lima menit saja, tiketnya hangus. Bohong deng, buku ini tentang kisah sukses Air Asia sebagai maskapai tersukses di Asia. Belum dibaca.
  26. Quantum Ikhlas. hadiah dari teman, mirip-mirip The Secret. Tidak ada hubungannya dengan Hukum Mekanika Quantum.
  27. 3 Undang Undang Bidang Keuangan Negara. Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, Undang-Undang Nomor 15 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara. Males banget.
Ketetapan ini bersifat nominatif, yang berarti jika mood saya berubah, sebagian atau seluruh buku ini dapat di masukan ke kelompok pertama.

9 komentar:

  1. wah kalo yg kelompok II nominatif, aq mau dong jd nominasi penerima hibah bukunya! aq minta the secret, la tahzan, novelnya arswendo, moby dick, breakfast at tifanny... ehm apalagi yak, semua juga boleh....serius ini!!!

    BalasHapus
  2. baaang gue mau buku2 kuliahnyaaa.. :D *begging*

    BalasHapus
  3. @ perez: terus dikirim ke papua gitu? kejauhan rez
    @ vio: kamu udah balik ke jakarta? sms aja ya

    BalasHapus
  4. @perez: yaiyalah bang..., kan gak musti abang yg nganter, minta aja ma abang2 ekspedisi gitu yg nganterin, mau ya bang...bang...mau aq!

    BalasHapus
  5. bang, aku boleh minta kenangkenangan dari kamu kan bang. untuk mengenang kisah kita?

    kalo gitu aku minta nomer 4, 23 dan 24. ya bang ya. kalo kamu kasih, berarti kamu telah membuktikan hubungan kita selama ini memang berarti...

    BalasHapus
  6. @siska, wah pinter sekali nih jurusnya wkwkwkwk

    BalasHapus
  7. @ perez : kejauhan, ntar ongkirnya lbh mahal dari harga bukunya hehe
    @ siska : smalam udah aku sms ya
    @ arema : hehe, biasa dia

    BalasHapus
  8. wah, yg 'Honeymoon with My Brother' sptnya menarik tu sob.. 'traveling book' kan? hehe..

    Selamat Tahun Baru 2010 sob..
    di tempatku ada hadiah pergantian tahun buatmu.. mohon sekiranya sudi utk menerima..

    BalasHapus
  9. iya itu traveling book
    kisah nyata yang ditulis secara novel jadi ada roman-romannya dikit
    dia singgah ke bali juga lo

    oh iya, makasih hadiahnya
    *terharu*

    BalasHapus